Minggu, 17 Maret 2013

Filsafat Pendidikan


TUGAS
FILSAFAT PENDIDIKAN



OLEH
KELOMPOK 5:
1.   INDRIANI SEVTI ANNISA (1200572)
2.   M. RAHMAN HAKIM (1200573)
3.   FAUZIAH TURRAHMI (1200599)

REGULER 15

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2013




FILSAFAT PENDIDIKAN
A.     Pengertian Filsafat Pendidikan
Filsafat pendidikan adalah aktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan, dan memadukan proses pendidikan.
Berikut ini, beberapa pengertian filsafat pendidikan menurut para ahli:
·         Menurut Jhon Dewey, filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar yang fudamental, baik yang menyangkut daya pikir (intelektual) maupun daya perasaan (emosional) menuju tabiat manusia.
·         Menurut Imam Barnadib filsafat pendidikan merupakan ilmu uang pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidilkan. Baginya filsafat pendidikan merupakan aplikasi suatu analisis filosof terhadap pendidikan.
·         Muhammad Labib al-Najihi: Filsafat pendidikan adalah suatu aktivitas yang teratur yang menjadikan filsafat itu sebagai jalan mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa filsafat pendidikan sebagai ilmu pengetahuan normatif dalam bidang pendidikan yang merumuskan kaidah-kaidah norma-norma atau ukuran tingkah laku perbuatan yang sebenarnya dilaksanakan oleh manusia dalam hidup dan kehidupannya.

B.     Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan
a.       Para pendidik adalah orang tua, guru, tokoh masyarakat, dan siapa saja yang memfungsikan dirinya untuk mendidik.
b.      Murid atau anak didik adalah objek dari para pendidik dalam melakukan tindakan yang bersifat mendidik.
c.       Mateeri pendidikan yaitu bahan-bahan yang disusun sedemikian rupa dengan susunan yang logis untuk disampaikan kepada anak didik.
d.      Perbuatan mendidik adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik ketika menghadapi peserta didik..
e.       Metode pendidikan merpakan strategi relevan yang dilakukan oleh dunia pendidikan pada saat menyampaikan materi kepada peserta didik.
f.       Evaluasi dan tujuan pendidikan.
g.       Alat-alat pendidikan dan lingkungan pendidikan.

Menurut Jalaludin dan Idi (2007: 24 ) secara mikro, ruang lingkup filsafat pendidikan meliputi:
1.      Merumuskan secara tegas sifat hakikat pendidikan
2.      Merumuskan sifat hakikat manusia, sebagai subjek dan objek pendidikan.
3.      Merumuskan secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan.
4.      Merumuskan secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, teori dan pendidikan.
5.      Merumuskan hubungan antara filsafat negara (ideologi), filsafat pendidikan dan politik pendidikan (sistem pendidikan)
6.      Merumuskan sistem sistem nilai-norma atau isi moral pendidikan yang merupakan tujuan pendidikan.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi ruang lingkup filsafat pendidikan adalah semua aspek yang berhubungan dengan upaya manusia untuk mengerti dan memahami hakikat pendidikan itu sendiri.

C.     Subjek/ Objek Filsafat
Subjek filsafat adalah seseroang yang berfikir/ memikirkan hakekat sesuatu dengan sungguh-sungguh dan mendalam. Seperti halnya pengetahuan, Maka filsafatpun (sudut pandangannya) ada beberapa objek yang dikaji oleh filsafat:
a.       Obyek material yaitu segala sesuatu yang realitas
1.      Ada yang harus ada, disebut dengan absoluth/ mutlak yaitu Tuhan Pencipta
2.      Ada yang tidak harus ada, disebut dengan yang tidak mutlak, ada yang relatif (nisby), bersifat tidak kekal yaitu ada yang diciptakan oleh ada yang mutlak (Tuhan Pencipta alam semesta)
b.      Obyek Formal/ Sudut pandangan seseorang terhadap sesuatu yang ada
Ilmu
Objek material
Objek formal
Sosiologi
manusia
Interaksi sosial
Psikoogi
Manusia
Tingkah laku
Ekonomi
Manusia
Memenuhi kebutuhan
pendidikan
Manusia
Membentuk kepribadian
Kesehatan           
Manusia
kondisi individu
Botani
Tumbuhan
Struktur,bentuk tumbuhan





DAFTAR PUSTAKA

Dr.H.Wr. Hendra Saputra,M.Hum. 2008. Pengantar Filsafat Pendidikan. PSB FKIP UHAMKA:  Jakarta
Tatang Syarifudin, 2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan. Percikan Ilmu: Bandung
http://dakir.wordpress.com/2009/03/07/pengertian-obyek-kajian-fungsi-dan-tugas-filsafat-pendidikan/
http://mbegedut.blogspot.com/2011/02/pengertian-filsafat-pendidikan-menurut.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar