Senin, 28 April 2014

(RPP) Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat Dan Asri Subtema 2. Lingkungan Sekitar Rumahku



RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      : SD
Kelas/semester            : 1 / 2 (dua)
Tema                           : 6. Lingkungan Bersih, Sehat Dan Asri
Subtema                      : 2. Lingkungan Sekitar Rumahku
Pembelajaran               : 2 (Dua)
Alokasi waktu             : 35 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD) Dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan meniru teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra. Wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mendiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator :
3.1.1. Mengamati dan memperagakan teks percakapan yang telah disediakan.
4.1.1. Melakukan percakapan dengan dialog yang dibuat sendiri.

Matematika
Kompetensi Dasar :
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yangdianutnya.
2.2. Memiliki Rasa Ingin Tahu Dan Ketertarikan Pada Matematika Yang Terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.5. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda – benda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.7. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
Indikator :
3.1.1. Mengamati bentuk-bentuk bangun ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan sekitar sekolah.
3.1.2. Mengidentifikasi bentuk bangun ruang balok, tabung dan bola.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat melakukan percakapan tentang kebiasaan membuang sampah dengan lancar.
2.      Dengan berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang balok dan bukan balok.
3.      Dengan berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang tabung dan bukan tabung.
4.      Dengan berdiskusi dan mengamati benda, siswa dapat membedakan bangun ruang bola dan bukan bola.

D.    Mater Pembelajaran
1.      Lingkungan Sekitar Rumahku (Buku Siswa halaman 40 – 41)
2.      Gambar-gambar benda beraneka bentuk berupa balok, tabung dan bola (Buku siswa halaman 43 – 44).

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                 : ceramah, diskusi, dan tanya jawab
Pendekatan          : Scientific ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan  mengomunikasikan )

F.     Media, Alat dan Sumber Pelajaran
1.      Buku siswa
2.      Gambar anak sedang membuang sampah
3.      Gambar benda beraneka bentuk berupa tabung, balok dan bola.

G.    Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pembelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa.
2.      Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3.      Guru melakuakan appersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran
4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengar penjelasna dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
6.      Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa bernyanyi lagu “Disini senang”
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengingat kembali cerita tentang lingkungan yang bersih dan sehat dari pembelajaran sebelumnya.
2.      Siswa mengamati gambar anak yang sedang membuang sampah. (mengamati)
3.      Siswa menayakan pertanyaan yang terkait dengan gambar yang dilihat (menanya)
4.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang dua anak yang sedang bercakap-cakap tentang menjaga kebersihan.
5.      Siswa mengamati wacana percakapan di buku siswa
6.      siswa berlatih membaca teks percakapan dengan temannya (mencoba)
7.      siswa berlatih percakapan dengan gayanya sendiri. Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukkan kepada temannya (menalar).
8.      Siswa membawakan percakapan di depan kelas secara bergantian. (mengomunikasikan)
9.      Siswa mengamati lingkungan sekitarnya. (mengamati)
10.  Siswa menanyakan bentuk benda yang mereka ketahui. (menanya)
11.  Siswa mengingat-ingat bentuk benda yang ada di rumah.
12.  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk kaleng, tempat sampah , bola dunia, boks, dan lainnya.
13.  Siswa mengamati benda-benda di kelas atau diluar kelas yang mempunyai bentuk /bangun ruang seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
14.  Siswa menyampaikan pendapatnya tentang bentuk benda yang telah dilihatnya secara bergantian.
15.  Siswa mengerjakan latihan di buku siswa dan jika diperlukan, siswa dapat bertanya lebih mendalam kepada guru yang berkeliling sambil mengecek pemahaman siswa.

Penutup
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran dengan bantuan guru.
3.      Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
4.      Siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran.
10 menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap     : percaya diri, santun, bertanggung jawab, dan berani.
b.      Unjuk kerja          : keterampilam berbicara, dan menyampaikan pendapat.
c.       Penilaian pengetahuan     : tugas tulis dan lisan

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Lembar pengamatan pada siswa di kelas/sekolah
Minggu ke........bulan.........2014                                                  subtema.................
No.
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Peduli lingkungan
Disiplin
Tanggung Jawab
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
Dina









2.
Linda









3.










Keterangan :
BT   : Belum terlihat
T      : Terlihat
M     : Menonjol

b.      Penilaian Pengetahuan
Bahasa Indonesia
Bentuk soal :
Membuat percakapan dengan bahasa sendiri mengenai lingkungan bersuh dan membuang sampah.
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Pemilihan kosa kata
Pengucapan
Sistematika pengucapan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
Dina









2.
Linda









3.










Keterangan :
1 : kurang  2 : cukup  3 : baik sekali
Berilah dengan centang ( √ ) pada kolom yang sesuai.
                    


Matematika
Bentuk soal :






1 komentar: